Fritz Edward Siregar

Fritz-Siregar

Tentang

Fritz menyelesaikan SJD di Universitas New South Wales, Australia. Sebelumnya, ia memperoleh gelar Sarjana dari Fakultas Hukum, Universitas Indonesia dan Master of Laws (LL.M) dari Erasmus University of Rotterdam dan Universitas New South Wales. Selama 2004—2009, Fritz menjadi bagian dari generasi pendiri Mahkamah Konstitusi Indonesia sebagai Asisten Hakim Maruarar Siahaan. Ia juga terpilih sebagai orang asing pertama yang bekerja sebagai intern Associate di High Court of Australia pada 2006. Sebelum melanjutkan studi doktoralnya, Fritz bekerja pada Proyek International Monetary Fund (IMF) untuk melaksanakan program reformasi hukum di Indonesia. Sebagai penerima 2011 Australian Leadership Award, penelitian doktoral Fritz fokus pada perilaku peradilan dan judicialisation dari Mahkamah Konstitusi Indonesia. Saat ini, Fritz menduduki posisi Kepala Unit Akreditasi dan Evaluasi di STH Indonesia Jentera, sekaligus mengajar mata kuliah Penalaran Hukum.

Bidang Keahlian

Dengan pengalaman kerjanya di Mahkamah Konstitusi, Fritz mendalami bidang peradilan konstitusi, judicial review, judicial politics, dan judicial behavior. Berkat menjalani berbagai macam penelitian, Fritz pun mendalami bidang pemerintahan daerah, sengketa hasil penghitungan suara (pilkada), serta monitoring dan evaluasi.

Pengalaman Mengajar

Fritz tercatat sebagai pengajar untuk mata kuliah Penalaran Hukum di STH Indonesia Jentera sejak 2015. Hingga saat ini, ia pun masih aktif mengajar mata kuliah Mahkamah Konstitusi di program S2 Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Sebelumnya, pada periode Oktober 2006—Mei 2011, Fritz mengajar mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Swiss German University. Universitas Kristen Indonesia juga pernah menjadi tempat ia mengajar pada Januari 2005 hingga Desember 2009 untuk mata kuliah Teori Perancangan Undang-Undang dan Pemilihan Umum dan Representasi.

Ringkasan Penelitian

Fritz mencoba untuk menetapkan indikator yang dapat digunakan untuk mengklasifikasikan kriteria dalam menentukan batas-batas independensi peradilan dan penyebab serangan politik (political attack) kepada institusi peradilan. Kerangka konseptual yang dikembangkan adalah melakukan penelitian penafsiran dan dinamika politik hukum dari proses pengambilan keputusan konstitusional di kawasan Asia. Setelah melakukan penelitian secara seksama terhadap Mahkamah Konstitusi Indonesia dalam menanggapi serangan politik, yang bertujuan untuk mengurangi kewenangannya, Fritz kesimpulan bahwa Hakim Konstitusi harus lebih berhati-hati menempatkan keputusan mereka di interval yang dapat diterima oleh institusi politik. Sebagian besar sarjana hukum setuju bahwa Mahkamah harus independen saat memutuskan kasus, independensi peradilan sangat penting dalam menjaga supremasi hukum dan demokrasi. Akan tetapi Hakim Konstitusi perlu menjaga kualitas putusan yang dihasilkan, agar Mahkamah Konstitusi tetap terjaga sebagai sebuah institusi hukum dan bukan institusi politik.

Aktivitas

Tahun Aktivitas
2016 Intern Judicial Associate untuk Justice Michael Kirby, High Court of Australia (Canberra, Australia)
2013-2016 Administrative and Constitutional Law Counsel untuk Budidjaja & Associates (Jakarta, Indonesia)
2011-2015 Asisten Peneliti untuk Prof. Simon Butt, Sydney School of Law, University of Sydney (Sydney, Australia)
2012 Volunteer Intern untuk Australian Law Reform Commission (Sydney, Australia)
2009-2011 Project Officer untuk Program Nasional Reformasi Hukum (Jakarta, Indonesia)
2004-2009 Asisten Hakim untuk Hakim Maruarar Siahaan, Mahkamah Konstitusi RI (Jakarta, Indonesia)
2004 Rule of Law Project Officer untuk International Foundation for Election System (IFES) (Jakarta, Indonesia)
2002-2003 Practical Trainee in Compliance and Legal Department untuk N.V. De Indonesische Overzeese Bank (Amsterdam, Belanda)
2000-2001 Peneliti untuk Kantor Hukum Ali Budiarjo Nugroho Reksodiputro (Jakarta, Indonesia)

Penghargaan

Tahun Penghargaan
2015 International Centre Global Mobility Scholarship, UNSW Australia
2015 Sir Anthony Mason PhD Award in Public Law, Gilbert and Tobin Centre of Public Law
2013 Law Society of NSW Public Purpose Fund
2013 Postgraduate Research Student Support (PRRS) Scheme, Graduate Research School, UNSW Australia
2011 Australian Leadership Award, Australia Government
2008 International Visitor Leadership Program (IVLP), US Department of State’s Bureau of Educational and Cultural Affairs