Farli Elnumeri

Farli-ok
Tentang

Sarjana Ilmu Perpustakaan, Fakultas Sastra – Universitas Indonesia (2001)
Magister Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya – Universitas Indonesia (2014)  

Ilmu perpustakaan yang diembannya begitu berguna bagi perkembangan PSHK. Ia berperan besar dalam pembangunan Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev, perpustakaan hukum yang dirintis oleh PSHK bersama Hukumonline.com dan LeIP. Lelaki yang bergabung dengan PSHK sejak 2004 ini bertekad besar agar perpustakaan Daniel S. Lev dapat lebih berkembang mengikuti standar pengelolaan internasional. Inilah Farli, demikian ia biasa dipanggil.

Pengalamannya di bidang perpustakaan memang tak bisa dipandang sebelah mata. Farli aktif dalam komunitas pustakawan LSM “Ruang Pustaka” dan jaringan Perputakaan Hukum dan HAM . Ia juga menjabat sebagai Presiden Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII) pada 2012—2015 dan 2015—2019. Sejak Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera mulai beroperasi, ia aktif pula dalam Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI), bahkan menjadi pengurus FPPTI DKI Jakarta sebagai Ketua Komisi III yang membidangi Penelitian dan Pengembangan. Keseriusannya terhadap gerakan masyarakat juga dibuktikan dengan kontribusinya dalam Gerakan Pramuka. Ia pun pernah menjadi Ketua Dewan Kerja Nasional Pramuka periode 1998—2003. Maka itu, ia juga hobi kemping pada waktu senggang, selain bermain bola dan bulutangkis.

Kini, keseharian Farli dipenuhi dengan kegiatan untuk menjadikan Perpustakaan Daniel S. Lev sebagai pusat dokumentasi hukum di Indonesia. Dengan posisi sebagai Manajer Knowledge Center, ia bertanggung jawab mengelola pengetahuan yang ada di YSHK, mulai dari pengelolaan arsip, repositori lembaga, sampai pendokumentasian produk dan pengetahuan yang diterbitkan YSHK.

Itulah yang menyenangkan bergabung dengan PSHK, baginya; ada ruang untuk bereksperimen dalam pengembangan pengetahuan. Selain itu, manajemen yang tidak kaku, egaliter, dan kesempatan untuk berkontribusi aktif di PSHK membuatnya tidak terpikir untuk melihat-lihat tempat kerja yang lain.