Kabar

Pengelolaan Diri untuk Menghadapi Perubahan

Posted by on 24/02/2016 in Kabar

Pada Rabu, 24 Februari 2016 pkl 10.00–15.00 wib bertempat di STH Indonesia Jentera, telah berlangsung training untuk mahasiswa dengan tema “Pengelolaan Diri untuk Menghadapi Perubahan”. Training ini dipandu oleh Eko Handayani, M.Psi. atau biasa disapa dengan Mbak Ani. Beliau merupakan staf pengajar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) dan Tim Fasilitator Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM) UI.

Training diikuti oleh para mahasiswa penerima Beasiswa Jentera dan Munir Said Thalib Scholarship, serta dihadiri pula oleh para mentor mahasiswa.

Mbak Ani memaparkan yang dimaksud dengan pengelolaan diri bagi mahasiswa di antaranya dalam hal manajemen belajar, manajemen waktu, dan manajemen stress selama menjalani perkuliahan, termasuk dalam hal berinteraksi dengan para pengajar, mengerjakan tugas-tugas, dan mengerjakan ujian semester pada setiap mata kuliah yang diambil.

Kemudian Mbak Ani juga memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang menghadapi perubahan dari dunia sekolah ke dunia kuliah sebagai mahasiswa. Selain perubahan lingkungan pendidikan yang mereka jalani tersebut, perubahan dari tinggal bersama keluarga menjadi tinggal sendiri atau hidup mandiri, serta perubahan dari kehidupan di kampung halaman menjadi kehidupan di Ibukota Jakarta, di mana mereka berkuliah saat ini.

Berkaitan dengan proses perubahan yang dialami oleh para mahasiswa, Mbak Ani memberikan kesempatan kepada mereka untuk menceritakannya dengan judul kegiatan membuat “Sungai Kehidupan”. Mereka menggambarkan secara singkat perubahan-perubahan penting dalam kehidupan mereka sejak kecil sampai dengan saat ini melalui berbagai media kreatif yang Jentera sediakan.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian souvenir kepada Mbak Ani oleh Mbak Inayah, salah satu Wakil Ketua STH Indonesia Jentera dan sesi foto bersama.

Kabar

Jentera dan Badan Keahlian DPR-RI Jajaki Kerjasama Program Magang dan Penelitian

STH Indonesia Jentera menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Keahlian DPR-RI terkait kerjasama penyelenggaraan program magang […]

Belajar Paradigma Baru Sistem Peradilan Pidana Anak

  Senin (29/10), Pengajar dan Mahasiswa Jentera peserta Mata Kuliah Penologi berkunjung ke dua lembaga […]

Belajar Sistem Ekonomi dari Chatib Basri

Kamis (25/10), Muhammad Chatib Basri, Menteri Keuangan Republik Indonesia 2013-2014, menjadi dosen tamu dalam Mata […]

Belajar Forensik ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Jum’at (14/10), Pengajar dan Mahasiswa STH Indonesia Jentera Mata Kuliah Forensik berkunjung ke Departemen Forensik […]

Kuliah Internasional: Membedah Upaya dan Tantangan Melawan Kejahatan Pencucian Uang

Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera mengadakan International Lecture dengan judul “Money Laundering Offences in […]

Setelah Bandung, Mahasiswa Jentera Ukir Penghargaan Ajang MUN di Bali

Muhammad Kahfi Rahmad Sampurno kembali mengukir prestasi di ajang Model United Nations. Kahfi, sapaan akrabnya, […]

Mengajar dengan Humor

Selasa (31/7), STH Indonesia Jentera bekerja sama dengan Institut Humor Indonesia Kini (IHIK3), menyelenggarakan workshop […]

Polemik Masa Jabatan Wakil Presiden

Senin (23/7), bertempat di Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera, diselenggarakan Diskusi Konstitusi dan Legisprudensi […]