Beasiswa Munir Said Thalib

Jentera membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pegiat Civil Society Organization (CSO) untuk menempuh pendidikan melalui Beasiswa Munir Said Thalib. Beasiswa ini meliputi seluruh biaya kuliah selama 8 (delapan) semester (terdiri dari biaya masuk/pangkal, biaya semester, dan biaya SKS) serta biaya hidup bagi mahasiswa yang berasal dari luar Jabodetabek.

Pemilihan Munir Said Thalib sebagai nama beasiswa merupakan semangat untuk meneruskan nilai-nilai perjuangan yang yang selama hidupnya ditunjukkan oleh almarhum yakni cerdas, berani, idealis, dan rendah hati.

Penerima Beasiswa Munir Said Thalib 2015, 2016 dan 2017

Empat orang yang mendapatkan Beasiswa Munir Said Thalib pada 2015 adalah Ahmad Fauzi dari Jakarta, Novita dari Jakarta, Lovina dari Riau, dan Maryam dari Palu. Pada 2016 adalah Guntoro dari Jakarta dan dan Johana Poerba dari Bandung. Sedangkan pada 2017, mahasiswa yang mendapatkan Beasiswa Munir Said Thalib adalah Khamid Istakhori dari Karawang. Lalu pada 2018 penerima Beasiswa Munir Said Thalib adalah Usep Hasan Sadikin dari Jakarta.

 

Persyaratan Beasiswa Munir Said Thalib  2018

    1. Warga Negara Indonesia (WNI).
    2. Sudah bekerja selama minimal 2 (dua) tahun di sektor masyarakat sipil.
    3. Dinominasikan oleh lembaga tempat bekerja. Apabila tidak bekerja tetap, referensi dapat diberikan oleh organisasi masyarakat sipil yang pernah bekerja dengan Anda.
    4. Lolos seleksi berkas dan wawancara.
    5. Membuat 1 (satu) buah esai maksimal 500 (lima ratus) kata.

Esai Anda harus memuat:

    1. Mengapa saya ingin menempuh pendidikan hukum?; dan
    2. Apa yang akan saya lakukan setelah menjadi Sarjana Hukum?

Dokumen yang dibutuhkan

    1. Mengisi formulir pendaftaran online.
    2. Formulir nominasi dari lembaga tempat bekerja. Formulir dapat diunduh di sini.
    3. Surat referensi dari orang yang dapat memberi keterangan mengenai pengalaman, kegiatan atau capaian Anda selama ini (misal, pimpinan lembaga atau pihak yang pernah bekerja dengan Anda). Surat referensi dapat diunduh di sini.
    4. Scan ijazah SMA/sederajat yang dilegalisir..
    5. Curriculum Vitae (CV) terbaru.
    6. Scan KTP/ identitas lainnya.
    7. Pasfoto berwarna.

Ketentuan penyerahan dokumen
Anda sangat disarankan untuk melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir secara online. Namun, apabila koneksi internet di daerah anda tidak memungkinkan untuk melakukan pendaftaran secara online, anda masih bisa mengirimkan formulir melalui pos dengan terlebih dahulu melakukan konfirmasi ke Astria di nomor 021-8302070, 0811-977-2070 (SMS/WA), atau via email ke pmb@jentera.ac.id.