Kabar

Mengupas Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Nasional

Posted by on 05/10/2017 in Kabar, Kuliah Tamu

“Perencanaan anggaran itu penting untuk mencapai tujuan pembangunan nasional”, hal itu disampaikan oleh Dr. Diani Sadia Wati, S.H., LL.M. (Staf Ahli Bidang Hubungan Kelembagaan, Kementerian PPN/Bappenas RI) dalam kuliah yang disampaikan pada kelas Hukum Anggaran Negara STH Indonesia Jentera, Jumat, 29 September 2017.

Diani menyampaikan kuliah dengan judul, “Mengupas Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Nasional”. Dalam pemaparannya, ia membahas tentang siklus penganggaran dan kebijakan anggaran di Indonesia. Sebagai pembuka, ia membahas tentang kerangka penyusunan anggaran di Indonesia, hambatan, tantangan, dan hubungannya dengan pembangunan nasional. Kemudian, ia menjelaskan bagaimana tata urutan suatu proses perencanaan penganggaran, pembahasan, hingga pengesahan APBN maupun APBD menjadi suatu peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya ia menjelaskan bagaimana kebijakan anggaran pemerintah saat ini disesuaikan dengan visi nawacita yang dicanangkan oleh kebinet Presiden Joko Widodo. Kebijakan tersebut dituangkan dalam strategi pembangunan nasional berupa Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) yang kemudian diterjemahkan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) per-tahun. Ia juga menjelaskan RKP pemerintah mulai dari tahun 2014 sampai dengan 2019, yang mana menjelaskan bagaimana prioritas dan strategi pembangunan Presiden Joko Widodo selama masa kepemimpinannya.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan secara detil bagaimana proses penganggaran yang melibatkan banyak lembaga negara, bagaimana proses kerjasama, serta pembahasannya, dan bagaimana pemanfaatan teknologi e-budgeting dalam proses penganggaran di Indonesia. Kemudian, ia juga menjelaskan tentang kaidah-kaidah dalam proses penyusunan anggaran agar tepat guna dan tepat sasaran dalam pelaksanaanya.

Di akhir pemaparannya ia menjelaskan urgensi dari perumusan siklus penganggaran yang baik dalam upaya meningkatkan pemerataan pembangunan di Indonesia agar tercapai kemakmuran bagi seluruh warga negara Indonesia, bukan hanya sebagian daerah atau sebagian kelompok saja.(DMI)

Kabar

Setelah Bandung, Mahasiswa Jentera Ukir Penghargaan Ajang MUN di Bali

Muhammad Kahfi Rahmad Sampurno kembali mengukir prestasi di ajang Model United Nations. Kahfi, sapaan akrabnya, […]

Mengajar dengan Humor

Selasa (31/7), STH Indonesia Jentera bekerja sama dengan Institut Humor Indonesia Kini (IHIK3), menyelenggarakan workshop […]

Polemik Masa Jabatan Wakil Presiden

Senin (23/7), bertempat di Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera, diselenggarakan Diskusi Konstitusi dan Legisprudensi […]

Tips Ampuh Merancang Kontrak Bisnis Berkualitas untuk Pekerja Kreatif

Senin (16/7) kemarin, Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera bekerja sama dengan Kios Ojo Keos […]

Penataran Dosen Hukum Pidana dan Hukum Acara Pidana: Asas Legalitas

Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) menyelenggarakan sekaligus menjadi tuan rumah kegiatan Penataran Dosen Hukum Pidana […]

International Lecture: Membedah Pemikiran Daniel S. Lev terhadap Budaya Hukum dan Politik Peradilan di Indonesia

Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera mengadakan International Lecture dengan tema “Judges, Courts and Legal […]

Penelitian dan Advokasi Bidang Legislasi dan Peradilan

Untuk pertama kalinya Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera dan Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indoensia […]

Mahasiswa Jentera Kembali Meraih Penghargaan di Ajang MUN

Setelah meraih penghargaan Verbal Commendation Award di gelaran Bandung Model United Nation, salah satu mahasiswa […]