Lembaga Kajian dan Advokasi untuk Independensi Peradilan

Salah satu Mitra Magang yang berafiliasi dengan Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera adalah Lembaga Kajian dan Advokasi untuk Independensi Peradilan (LeIP). Fokus utama lembaga itu adalah melakukan advokasi yang bergerak dalam isu pembaharuan hukum dan peradilan. Adapun, kegiatan yang dilakukan berkenaan dengan upaya mendorong perubahan hukum dan kebijakan, melakukan edukasi publik, dan membela hak-hak masyarakat yang dilanggar dalam proses peradilan. Implementasi dari kegiatan itu dapat berupa kajian dan advokasi perubahan peraturan maupun kebijakan yang berkaitan dengan dunia peradilan; kampanye, pembuatan buletin hak-hak masyarakat dalam konteks peradilan; dan melakukan eksaminasi putusan, monitoring proses peradilan, menerima dan menindaklanjuti laporan masyarakat terkait dengan pelanggaran proses peradilan. Dalam Program Magang ini, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk menjadi seorang peneliti hukum bidang peradilan di LeIP.

LeIP merupakan organisasi masyarakat sipil yang didirikan pada 12 Januari 1999 oleh sekelompok praktisi dan pemerhati hukum. Berbagai kasus yang menyeret oknum hakim, jaksa, maupun panitera, menyebabkan krisis kepercayaan masyarakat terhadap hukum dan lembaga peradilan. Independensi dan profesionalitas hakim, panitera, maupun lembaga peradilan masih menjadi sorotan publik karena maraknya kasus-kasus seperti kolusi, korupsi, dan nepotisme. Fungsi utama lembaga peradilan yaitu sebagai pelindung hak asasi manusia, penjaga tegaknya negara hukum yang berkeadilan, dan salah satu penentu berlangsungnya sistem checks and balances. Ironisnya, stigma terhadap lembaga peradilan justru sebagai simbol lembaga yang berpihak terhadap kelompok penguasa. Atas dasar itu, LeIP didirikan sebagai wujud nyata melakukan reformasi peradilan di Indonesia. Dengan demikian, LeIP memperjuangkan terwujudnya independensi peradilan melalui kegiatan kajian dan advokasi kebijakan, terutama pada dua isu utama: pengembangan administrasi peradilan maupun pengembangan hukum dan kebijakan.

Dengan komitmen untuk mewujudkan independensi peradilan melalui kajian dan advokasi kebijakan, LeIP merupakan wadah yang cocok bagi mahasiswa untuk mengasah analisis kritisnya terhadap isu peradilan, terutama dalam hal agenda yang menghasilkan kebijakan lembaga peradilan untuk terciptanya hukum dan keadilan yang berintegritas.

 

www.leip.or.id