Lembaga Bantuan Hukum Jakarta

Salah satu Mitra Magang yang berafiliasi dengan Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera adalah Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta). Dalam Program Magang ini—yang bukan merupakan bagian dari rekrutmen, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk belajar memberikan bantuan hukum kepada masyarakat, khususnya kepada masyarakat yang kesulitan mendapat akses tehadap keadilan. Hal ini berdasarkan paradigma bahwa setiap orang berhak mendapatkan kesetaraan dan perlindungan hukum yang sama untuk memperjuangkan hak-haknya. Adapun, kegiatan yang akan dilakukan berkenaan dengan pemberian jasa maupun nasihat hukum. Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh LBH Jakarta, antara lain Pengembangan Sumber Daya Masyarakat; Penelitian dan Pusat Dokumentasi Bantuan Hukum; Penanganan Kasus; Advokasi Kebijakan; Konsultasi Hukum Gratis Keliling; Karya Latihan Bantuan Hukum; dan Diskusi Publik. Mahasiswa bisa terjun langsung untuk menyalurkan ilmu yang sudah didapatnya di kelas melalui kegiatan yang dilakukan LBH Jakarta.

LBH Jakarta dibentuk pada 1969. Lembaga nonpemerintah yang berada di bawah naungan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) ini secara resmi berdiri pada 26 Oktober 1970. Saat ini, LBH Jakarta menerapkan pendekatan bantuan hukum struktural dalam menangani kasus karena ketimpangan ekonomi, sosial, dan politik yang menimbulkan permasalahan hak asasi manusia. Selain melakukan pendampingan hukum, LBH Jakarta menjalankan tugasnya dalam hal litigasi dan nonlitigasi. LBH Jakarta juga rutin melakukan pemberdayaan sumber daya hukum masyarakat, kampanye publik, dan advokasi kebijakan.

Fokus kerja LBH Jakarta terutama pada isu-isu perburuhan; perkotaan masyarakat urban; peradilan yang adil dan jujur; serta minoritas dan kelompok rentan. Dengan agenda itu, jaringan LBH Jakarta terdiri dari Paralegal, Simpul (Solidaritas Masyarakat Peduli Keadilan), SEALawyers, Suaka, Southern Thailand, dan Link MTP.

Dengan komitmen untuk memberikan bantuan hukum bagi masyarakat, khususnya yang tidak bisa mengakses keadilan, tentunya LBH Jakarta merupakan tempat yang sangat cocok bagi mahasiswa yang sevisi. Jadi, mahasiswa bisa mengantungi pengalaman berharga dalam Program Magang.

 

bantuanhukum.or.id