Fasilitas

PERPUSTAKAAN HUKUM DANIEL S.LEV

Perpustakaan ini didirikan pada tahun 2006 dan diberi nama Perpustakaan Daniel S. Lev (Daniel S. Lev Library) karena merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan kepada Prof. Daniel S. Lev atas jasa-jasanya dalam pengembangan ilmu hukum di Indonesia secara umum. Selain itu, bagi lembaga yang mendirikan dan menaungi –PSHK, Hukumonline & LeIP, dan kemudian pada tahun 2010 bergabung Jentera–, sosok Daniel S. Lev banyak memberikan ide-ide dan pandangan-pandangannya dalam bidang hukum kepada ke tiga lembaga ini. Prof. Daniel S. Lev pribadi memberikan kontribusinya pada perpustakaan ini dengan menghibahkan sebagian besar koleksi dokumen pribadinya.

Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev berada di pusat kota Jakarta, tepatnya di Puri Imperium Office Plaza Kuningan, Jakarta Selatan. Lokasi ini sangat strategis karena dilalui oleh fasilitas kendaraan umum yang memudahkan pemustaka dalam menjangkaunya. Perpustakaan Daniel S. Lev menggunakan sistem layanan terbuka, sehingga pemustaka dapat langsung menuju rak dalam menelusur informasi dan koleksi.

Perpustakaan ini terbuka untuk umum, sehingga masyarakat bisa mengunjungi dan membaca ditempat secara bebas dan tidak dipungut biaya. Waktu layanan Perpustakaan yaitu setiap hari Senin-Jumat, mulai pukul 09.00 s.d 18.00 WIB.

Koleksi Perpustakaan:

  1. Daniel S. Lev Collection : Kumpulan koleksi milik Prof. Daniel S. Lev.
  2. Buku : Buku-buku lembaga pemilik perpustakaan (PSHK, Hukumonline & LeIP), dan buku-buku sumbangan seperti milik Prof. Erman Radjagukguk, Arif T. Surowidjojo, dll.
  3. Hasil Riset : Dokumen hasil riset ke-empat lembaga, laporan riset dari lembaga lain maupun riset personal.
  4. Koleksi Referens : Kumpulan peraturan, putusan pengadilan, yurisprudensi, kebijakan lembaga peradilan, kamus maupun berbagai panduan yang hanya menjadi bacaan referensi. Koleksi lebih banyak dalam bentuk digital yang ada di database Hukumonline.
  5. Serial : Berbagai jurnal yang berkaitan dengan hukum, majalah, buletin maupun newsletter.
  6. CD : Berbagai dokumen ataupun film, baik itu film dokumenter ataupun fiksi yang berkaitan dengan hukum dan kehidupan sosial masyarakat.

www.danlevlibrary.net

JURNAL JENTERA

Jurnal Jentera adalah jurnal hukum yang pada setiap terbitannya selalu membawa gagasan cemerlang.  Gagasan itu tidak hanya berasal dari artikel para Kontributor, tetapi juga melekat pada pembahasaan dan kemasan dari Jurnal itu sendiri. Jurnal Jentera selalu menggunakan kata dan gaya bahasa yang sederhana dan mudah dipahami pada artikel yang dimuat, karena kenyamanan para pembaca menjadi modal penting gagasan yang ada bisa tersampaikan.

Selain pembahasaan, kenyamaan dalam membaca juga didukung dengan pengemasan artikel dalam berbagai rubrik. Catatan dari redaksi Jurnal Jentera sebagai pengantar bagi para pembaca dalam memahami benang merah dari substansi biasa ditempatkan dalam rubrik Jentera Redaksi. Ada pula rubrik Episentrum yang mengupas gagasan-gagasan utama dari Jentera pada setiap edisinya. Pada dasarnya, banyak cara untuk menghasilkan suatu gagasan cemerlang, ada yang muncul dari pemikiran tokoh atau ilmuan terdahulu, atau bahkan tidak jarang muncul dari perkataan atau opini seseorang yang diucapkan dalam suatu forum diskusi, untuk itu Jentera menyediakan rubrik Jejak atau Forum untuk membahasnya.

Selain itu, Jurnal Jentera mewadahi pula artikel yang membahas tentang isu hukum kekinian, yang sedang menjadi diskursus di masyarakat dalam rubrik Kisi. Tidak hanya gagasan-gagasan segar, analisa terhadap kebijakan atau peraturan juga masuk dalam Jurnal Jentera di rubrik Ikhtisar atau Ikhtisar Hukum. Sedangkan untuk ulasan terhadap  suatu buku atau dokumen ilmiah tertentu yang menarik diakomodir dalam rubrik Ulas Teks, Sekilas Buku, atau Resensi. Terakhir, Jentera juga selalu memuat profil singkat dari para pembuat artikel dalam rubrik Kontributor.

 

http://jurnaljentera.pshk.or.id/index.php/jentera/issue/archive